Toire no Kamisama トイレの神様(英字幕)ー植村花菜

Pagi-pagi sekali dirumah sudah ada ribut2x gara-gara toilet yg bau. Mbak Iyem bilang “ … jangan2x Nata lupa bu nyiram pipisnya !!”.

Rekans sekalian, dari kejadian kecil itu, aku jadi inget dengan lagu Jepang yg bercerita hal yg sama, manakala anak/cucu kita malas untuk menyiram toilet atau membersihkan toilet. Lagu ini bagus banget, bahkan sempat menjadi hits tahun 2010 lalu ! Judul lagunya Toire no kamisama/トイレの神様/God of Toilet, yang dibawakan dengan baik sekali oleh Uemura Kana. Lagu "Toire no Kamisama" (Dewa Toilet) pertama kali diluncurkan pada 14 Juli silam. Liriknya yang sederhana juga membuat Uemura menyabet dua penghargaan dalam ajang Japan Record Awards 2010.

Di Jepang sendiri lagu ini sangat digemari dan banyak diantara mereka yang terharu oleh lagu ini yang sederhana namun memiliki makna yang dalam. Lagu ini sering diputar dalam siaran radio, dan banyak orang dari berbagai kalangan usia tertarik akan lagu yang menceritakan kedekatan hubungan Uemura dan neneknya. Lagu "Toire no Kamisama" yang berdurasi sekitar 10 menit ini, didedikasikan Uemura khusus untuk neneknya yang telah meninggal.  

Di jepang, ada seorang anak yang ketika dia kelas 3 SD, tinggal bersama dengan neneknya. Mereka berdua menghabiskan waktu dengan bermain, makan, belajar, termasuk juga membersihkan rumah. Nah sang cucu ini kebetulan paling males membersihkan toilet, tapi neneknya mengajarkan kepadanya bahwa di toilet juga ada "sang Dewi" alias megami sama (女神様). Nenek berkata "kalau kamu ingin bertemu dan menjadi secantik sang Dewi, maka kamu harus rajin-rajin membersihkan toilet. Karena di toiletpun sang dewi sedang menunggu dan memperhatikanmu apakah kamu bisa menjadi secantik dia atau tidak !". Dan sejak saat itulah sang cucu mulai rajin membersihkan toilet dengan harapan kelak dia bisa menjadi secantik sang dewi.

TBS (Tokyo Broadcasting System) memproduksi drama spesial yang terinspirasi dari lagu "Toire no Kamisama" yang dibawakan penyanyi Uemura Kana, dan tayang pada 5 Januari 2011. Drama "Toire no Kamisama" akan dibintangi Ashida (Uemura kecil),Kitano (Uemura remaja), Iwashi (nenek), dan Natsukawa Yui (ibu Uemura).

Silakan simak lagu pada link berikut Toire no Kamisama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s