TestDIsk

Hampir semua orang sudah mengenal USB Flash Disk dan memilikinya. Sebagai salah satu alat penyimpan data, USB Flash Disk terbukti sangat membantu kesibukan pekerjaan dengan menggunakan komputer. Dengan bentuknya yang semakin kecil dan bervariasi, disertai dengan kapasistas yang mulai besar, flash disk sudah menjadi kebutuhan. Apalagi saat ini, harga benda ini semakin “merosot” tajam.

Meningkatnya frekuensi penggunaan flash disk tentu semakin banyak pula orang yang mengalami persoalan dengan flash disk tersebut, mulai dari tidak bisa terbaca lagi, munculnya pesan ‘format’ setiap kali mencolokkan flash disk ke komputer, tiba-tiba flash disk ‘inaccessible’, dan masih banyak masalah-masalah lain. Flash disk yang ‘inaccessible’ biasanya disebabkan oleh kerusakan pada partisi data yang tersimpan didalamnya. Pada kasus ini, flashdisk tetap terdeteksi oleh sistem operasi, tetapi isi data yang tersimpan tidak dapat ditampilkan. Berikut diulas tool yang dapat digunakan untuk merecovery data yang tersimpan dalam flash disk ‘inaccessible’.

imageBiasanya setelah berbagai cara dilakukan, namun flashdisk Anda tidak juga dapat dibaca datanya, kita akan sampai pada pilihan untuk melakukan format ulang flash disk tersebut. Ehm … sebelum itu, ada baiknya Anda coba program recovery “TestDisk”. TestDisk merupakan piranti FREE untuk recovery data !! Program ini dirancang untuk membantu mengembalikan data-data yang terhapus, rusaknya partitions atau bootable disk yang diakibatkan oleh kerusakan MBR (Master Boot Record) atau manusia, semisal virus dan human error. Tool ini dapat didownload dari http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download.

 

Gambar dibawah adalah contoh eksekusi TestDisk pada recovery HardDisk external yg ‘inaccessible’.

image

Selamat mencoba !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s