Winter Sonata

Winter Sonata (Winter Ballad/Winter Love Story, bahasa Korea: 겨울연가) adalah seri kedua dari drama serial Endless Love produksi KBS. Serial ini diproduksi Maret 2002 di Korea Selatan. Di Jepang, drama ini ditayangkan NHK dari April hingga September 2003, dan menandai dimulainya gelombang Korea di Jepang dan seluruh Asia. Dalam bahasa Jepang, judul drama ini ditulis sebagai Fuyu no Sonata (冬のソナタ?), 冬日戀歌 (Dōngrì Liàn’gē) atau 冬季戀歌 (Dōngjì Liàn’gē) dalam bahasa Mandarin, dan Bản tình ca mùa Đông dalam bahasa Vietnam. Di Indonesia, drama ini pernah ditayangkan di SCTV, pada setiap hari Senin pada pukul 19.00 WIB dan ditayangkan dalam 20 episode (5 Agustus – 16 Desember 2002) dan rerun pada hari Jum’at pada pukul 22.00 WIB (31 Januari – 13 Juni 2003).

Drama ini mengisahkan betapa cinta pertama mempunyai kekuatan yang sangat besar. Kekuatan itu mampu menyatukan dua sejoli meski banyak hal menjadi masalah dalam hubungan mereka. Hampir bisa dipastikan Anda pasti menyukai serial Korea buatan tahun 2002 ini. Selain jalinan cerita yang yang dikemas sangat indah, latar belakang musim dingin merupakan paronama yang sangat menawan untuk ditonton. Seperti kebanyakan drama Korea yang lain, Winter Sonata merupakan kisah percintaan yang mampu membius penontonnya.

Cerita dimulai dengan Kang Joon-sang, yang adalah seorang pelajar baru di sebuah sekolah di kota kecil Chuncheon, di bagian selatan Korea Selatan. Ia seorang yang cerdas namun penyendiri. Kedatangannya di sana adalah untuk menyelidiki siapa ayah kandungnya. Sebagai murid berbakat, Joon-sang disukai teman-teman dan para guru. Pada suatu hari, Joon-sang bertemu rekan sekelas bernama Yoo-jin, dan mereka jatuh cinta. Pada awalnya, Joon-sang secara sengaja mempermainkan Yoo-jin untuk memusuhi Sang-hyuk yang adalah saudara tirinya. Niatnya untuk mempermainkan Yoo-jin, yang merupakan teman dekat Sang-hyuk, berubah menjadi cinta yang sesungguhnya. Namun hubungan mereka tidak berlangsung lama. Joon-sang menjadi korban kecelakaan lalu lintas hingga menderita amnesia akibat kerusakan otak. Joon-sang dikabarkan meninggal oleh pihak sekolah. Yoo-jin yang mendengar kabar ini patah hati. Selama menjalani hari-hari sedih sesudahnya, Sang-hyuk terus menemaninya sehingga perlahan ia mulai menerima kehadiran pria itu.

Sepuluh tahun berlalu, Joon-sang (yang telah berganti nama menjadi Lee Min-hyung) telah menjadi arsitek pemenang penghargaan di Amerika Serikat. Ia sudah tidak ingat lagi semua pengalaman hidupnya di Korea. Joon-sang telah menjadi orang yang berbeda, seorang berhati terbuka yang peduli terhadap orang lain, termasuk terhadap ibunya. Ia kembali ke Korea. Selama 10 itu pula, Yoo-jin sudah menjadi seorang desainer interior. Yoo-jin dan Sang-hyuk sudah siap bertunangan. Namun, hari bahagia tersebut rusak karena Yoo-jin itu tidak muncul pada waktunya. Secara kebetulan Yu-jin kebetulan melihat dari kejauhan Lee Min-hyung di sebuah jalan, dalam perjalanan pulang dari salon (dalam persiapan acara pertunangan). Keraguan menyelimuti hati Yoo-jin saat melihat Lee Min-hyung. Tidak hanya serupa dalam wajah dan fisiknya dengan Joon-sang, namun juga seluruh perilaku dan kebiasaannya. Satu hal yang berbeda hanyalah kacamata yang sekarang selalu dipakainya. Ia teringat masa-masa indah bersama Joon-sang hingga membatalkan pertunangan dengan Sang-hyuk yang sahabatnya sejak masih kanak-kanak. Belakangan, diketahui bahwa pria itu adalah Lee Min-hyeong pacar baru Chae-lim, teman semasa SMU-nya . Meski berusaha menghindar, takdir memaksa Yoo-jin untuk sering bertemu dengan Min-hyung karena pekerjaan. Terlebih lagi, Yoo-jin mulai bekerja sama dengan kantor arsitek tempat Lee Min-hyung juga bekerja. Lee Min-hyung sempat menduga Yoo-jin sengaja memikatnya karena hasutan Chae-lim, sampai akhirnya Lee Min-hyung mencari tahu alasan kenapa rekan kerjanya kerap memandangnya dengan tatapan aneh sambil menitikkan air mata.  Memang Yu-jin ingin tahu apakah Joon-sang masih mengingatnya.

Kedekatan keduanya mulai berubah menjadi cinta, meskipun terus dihalangi oleh Sang-hyuk dan Chae-lim yang tidak rela pasangan masing-masing direbut. Semua berubah setelah diketahui bahwa Min-hyung tidak lain adalah Joon-sang. Adalah ibu Lee Min-hyung, Mi-hee, yang sengaja menyembunyikan identitas masa lalu anaknya karena tidak ingin putranya menanggung malu sebagai anak di luar nikah. Ibu Joon-sang ingin mengembalikan rasa hormat sang putra terhadap dirinya. Setelah kecelakaan parah yang menimpa Joon-sang semasa SMA, seorang psikolog dimintanya untuk mencuci ingatan Joon-sang. Semua ingatan Joon-sang ketika dibesarkan sebagai anak tidak sah menjadi terlupakan. Bersama sang ibu, Joon-sang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Joon-sang memakai identitas baru sebagai Lee Min-hyung. Sementara itu kepada semua teman-teman dan guru, Joon-sang dikabarkan meninggal dunia.

Perjalanan cintanya sempat kembali indah bersama dengan Lee Min-hyung sampai suatu ketika Yoo-jin menemui kenyataan pahit bahwa pria yang dicintainya kemungkinan adalah kakak tirinya (ayah yang sama dengan ibu berbeda). Mengetahui kenyataan yang tidak memungkinkan keduanya untuk terus bersama, Yoo-jin dan Lee Min-hyung memutuskan untuk berpisah. Hidup keduanya semakin tidak menentu menjalani kesendirian masing-masing. Emosi yang tidak stabil menjadi pemicu kecelakaan kedua yang menimpa Lee Min-hyung yang membuat nyawanya terancam setelah diketahui ada penyumbatan pembuluh darah di otak yang bisa membahayakan nyawanya. Dalam sebuah kesempatan, Jung Dong Hwan (ayah Sang-hyuk) berada bersama Lee Min-hyung di rumah sakit. Berawal dari keraguan yang menyelimuti Jung Dong Hwan, ia memutuskan untuk melakukan tes DNA terhadap dirinya dan Lee Min-hyung. Setelah melalui tes DNA, baru diketahui bahwa ayah kandung Lee Min-hyung adalah Jung Dong Hwan, yang adalah juga ayah Sang-hyuk. Mereka ternyata adalah bersaudara. Lee Min-hyung juga adalah Joon-sang.

Pada bagian akhir cerita, Yoo-jin dan Joon-sang masing-masing pergi ke luar negeri. Joon-sang melakukan operasi di Amerika, dan tidak lama sesudahnya Yoo-jin melanjutkan studi ke Perancis. Kepergian keduanya bersamaan dengan berakhirnya musim dingin (winter) menjelang musim semi, serupa dengan saat perpisahan keduanya masa SMA kala itu. Setelah tiga tahun berlalu, Joon-sang kembali ke Korea dengan kondisi buta pasca operasi. Rumah yang dibangunnya menarik perhatian Yoo-jin, yang penasaran dengan desain rumah tersebut yang sama persis dengan model yang dibuatnya dahulu. Yoo-jin mendatangi lokasi untuk melihat langsung. Ia terkejut melihat pria yang telah dikenalnya dengan baik, yang telah begitu lama mengisi hatinya. Pertemuan kali ini tidak ada lagi yang bisa memisahkan keduanya.

TOKOH DAN PEMERAN WINTER SONATA :

Bae Yong-jun sebagai Kang Joon-sang/Lee Min-hyung

Pria yang sama namun mempunyai sifat yang bertolak-belakang. Joon-sang adalah seorang pria dengan kecerdasan di atas rata-rata namun hidupnya dipenuhi kemuraman dan sangat tertutup sampai ia bertemu Yoo-jin. ‘Kematian’ membawanya ke Amerika dengan identitas baru sebagai Lee Ming-hyung, seorang pria penuh senyum, ramah, dan sensitif. Nasib membuatnya kembali jatuh cinta dengan Yoo-jin meski tidak mengingat sedikitpun tentang masa lalunya sampai menjelang akhir cerita.

Choi Ji-woo sebagai Jung Yoo-jin

Sifat cerianya semasa remaja ikut mati bersama dengan meninggalnya Joon-sang. Yoo-jin menjelma menjadi seorang pekerja keras. Pertunangannya dengan Sang-hyuk berantakan setelah bertemu dengan Lee Ming-hyung yang sangat mirip dengan Joon-sang. Meski sempat bimbang, akhirnya ia dengan mantap memilih untuk bersama Lee Ming-hyung. Perjalanan cintanya sempat kembali menemui kenyataan pahit bahwa pria yang dicintainya kemungkinan adalah kakak tirinya (dengan ibu berbeda). Setelah semuanya terungkap, kekuatan cinta akhirnya mempersatukannya dengan Joon-sang setelah melewati rintangan selama 14 tahun.

Park Yong-ha sebagai Kim Sang-hyuk
Pria pendiam yang mencintai Yoo-jin sejak masih kecil. Ia merasa terganggu oleh kehadiran Joon-sang yang mampu memikat gadis pujaannya. Menemani Yoo-jin melewati masa berkabung dan nyaris menikahi gadis itu, sifatnya mulai berubah seiring dengan kemunculan Lee Ming-hyung. Kebenciannya pada pria itu semakin bertambah setelah mengetahui Min-hyung adalah Joon-sang yang juga kakak tirinya. Namun menjelang akhir cerita, ia juga yang memohon supaya Joon-sang tidak meninggalkan Yoo-jin.

Park Sol-mi sebagai Oh Chae-lim
Sejak masa SMU telah memendam iri terhadap Yoo-jin yang dianggapnya merebut Joon-sang dari genggamannya, meski pria itu sebenarnya tidak pernah menyukainya. Keputusannya untuk memamerkan Lee Ming-hyung yang sangat mirip dengan Joon-sang menjadi bumerang. Ia terus berusaha untuk memisahkan pacar barunya tersebut dari Yoo-jin dan akhirnya menyerah setelah tahu bahwa Lee Ming-hyung tak lain adalah Joon-sang.

————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————–

Kabar sedih menimpa salah satu bintang ‘Winter Sonata’, Park Yong-ha (32 tahun). Ia ditemukan ibunya tergantung di rumahnya pada Rabu, 30 Juni 2010 pukul 05.30 waktu setempat. Kepolisian Metropolitan Seoul, Korea Selatan, meyakini Park bunuh diri. Menurut pihak keluarganya, semalam sebelum bunuh diri, Park sempat mengirimkan SMS kepada ayahnya yang tengah sakit kanker perut. Park menuliskan kata-kata "I’m sorry. I’m sorry". Selain SMS tersebut, Park tidak meninggalkan surat perpisahan. Meski penyebab kematian Park belum jelas, keluarga menolak melakukan otopsi.

 

 

 

 

 

* dituliskan ulang dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s