Apakah Blackberry itu?

Apakah Blackberry itu? Saya mendapatkan pertanyaan ini dari rekan, dan bingung menjawabnya … saat setelahnya tergoda juga untuk mengetahui apa sih benda ini. Di Jepang, Blackberry tidak terkenal, bahkan (setahu saya) tidak ada operator selular yang menggunakannya.

Pada mulanya Blackberry adalah perangkat yang dikembangkan untuk penyampaian informasi nirkabel melalui layanan yang disediakan oleh operator telepon Kanada, Research In Motion (RIM). Poduk utama yang ditawarkan oleh Blackberry adalah layanan push email (yaitu, e-mail dapat diteruskan langsung ke telepon genggam, sehingga aktifitas menerima, membaca, dan mengirim e-mail dapat dilakukan selayaknya SMS). Blackberry pula yang pertama kali memperkenalkan istilah push email. Selama ini jika kita cek email, sebelumnya kita harus browsing terlebih dahulu, lalu jika ada email jalankan pop3 untuk menarik email ke inbox. Jadi rada ribet kalau kita setiap saat mesti online untuk cek email, ataupun menggunakan browser mesti refresh untuk tahu apakah ada email baru. Itu pun harus dilakukan berapa menit sekali jika kita set telepon genggam untuk otomatis melakukan pull email. Dengan push email kita menerima email seperti SMS. Jika ada email masuk, otomatis Blackberry akan alert seperti kita menerima sms. Jadi ga’ ada critanya lagi orang kirim email ke kita, trus reply-nya lama, karena sehari cuma cek email 1x. Push email membuat setiap ada email penting kita bisa langsung respon saat itu juga.

Dengan fitur demikian, Blackberry menjadi sangat populer di kalangan pebisnis. Mereka bisa mobile kemana-mana dan bisa terima email dan respon kapan saja. Selain itu juga banyak messenger yang kompatibel dengan Blackberry. Sebagai contoh telepon genggam Blackberry sudah dilengkapi dengan YM, GTalk, dan MSN. Sedangkan telepon genggam lain, misal Nokia, kita harus install aplikasi 3rd party untuk bisa online YM, GTalk, atau MSN.

Perangkat Blackberry sama dengan perangkat telepon genggam yang lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk voice dan sms. Yang membedakannya hanyalah Operating System pada telepon genggam Blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM. Sebelumnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, operator telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain (selain smartphone Blackberry), seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya. Pada perkembangannya, BB (nama trend Blackberry), nyaris merupakan perangkat mini komputer yang mengintegrasikan kemampuan internet komputer ke sebuah telepon genggam, mulai dari blogging, facebook, atau instan message seperti Yahoo Messenger dan Google Talk.

Jadi terdapat 2 (dua) macam istilah Blackberry, yaitu smartphone Blackberry (genuine Blackberry, baik perangkat maupun Operating System-nya) dan telepon genggam dengan kemampuan Blackberry (yang meng-aplikasikan Blackberry Connect == ber-Blackberry). Telepon genggam ber-Blackberry misalnya Nokia E90. Dengan install aplikasi Blackberry Connect, maka Nokia E90 dapat menggunakan fasilitas push mail dari Blackberry. Tapi belakangan beberapa produsen telepon genggam sudah mulai menyediakan aplikasi push mail proprietary selain Blackberry. Telepon genggam ber-Blackberry jika tanpa berlangganan layanan Blackberry (yang disediakan oleh operator), tentu hanya menjadi telepon genggam biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak telepon genggam biasa, namun jika telepon genggam ber-Blackberry telah diaktifkan dengan layanan Blackberry dari operator, maka Blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.

Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Starhub merupakan pengejawantahan RIM di Indonesia. Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service (BIS) dan Blackberry Enterprise Server (BES). Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, yang ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server. (perkembangan lanjut belum diupdate)

Handphone saya bisa ber-email via GPRS/3G/HSDPA, terus apa masih diperlukan Blackberry?

Telepon genggam ber-Blackberry juga bisa menggunakan GPRS dan 3G, namun jika pada perangkat lain untuk menarik email ke inbox harus dilakukan secara manual (PULL technology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software dan email yang ditarik masih tetap berupa ‘mail’ pada inbox,  maka dengan Blackberry, email muncul tanpa secara otomatis, seperti halnya pada SMS. Email pada Blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke perangkat Blackberry kita – bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.

PDA-phone juga bisa PUSH email juga dengan software 3rd party, lantas kelebihan Blackberry dimana?

Kelebihan utama Blackberry adalah dalam hal mengkompres email yang masuk ke inbox kita, dengan perbandingan 1:100 (email default:email Blackberry), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 KByte (1 MByte), maka email yang akan terbaca di inbox Blackberry anda hanya berukuran 10KB! Menarik bukan! Berarti dengan Blackberry, bandwidth/koneksi menjadi sangat irit.

Yang kedua, pernahkah anda mencoba menampung email di PDA-phone/Smartphone (non Blackberry) lebih dari 1000 email? Biasanya performance perangkat tersebut pasti melambat dan bahkan paling parah hang sehingga harus di-reset. Dengan Blackberry, hal tersebut tidak terjadi. Kelebihan inilah yang menjadi salah satu kekuatan Blackberry, puluhan ribu email dapat ditampung pada (perangkat) Blackberry anda, sesuai batas kemampuan memory yang terpasang dan dijamin tidak akan hang (… iklannya Blackberry begitu!).

Keistimewaan penting lain adalah pada koneksi internet. Dengan menggunakan handset Blackberry, beberapa aplikasi dapat berjalan konkuren. Misal jika kita sedang online YM, kemudian ada telepo masuk, maka koneksi YM tetap jalan, ber-telepon tetap dengan ber-YM pada saat bersamaan. Berbeda dengan aplikasi non-Blackberry (sejauh yg saya tahu), misalnya GPRS (untuk 3G?), jika terdapat panggilan masuk pada saat sedang ber-Internet dengan GPRS, maka line GPRS harus dimatikan terlebih dulu, setelah selesai baru dihubungkan kembali. Kompresi transmisi Internet pada Blackberry juga membuat bandwidth menjadi lebih hemat. Jadi secara koneksi Internet, Blackberry lebih bagus.

Kekurangan?

Hantu pemakan email/sms, disebut demikian karena sampai saat ini ada perangkat Blackberry yang entah kenapa bisa menghilangkan email/sms kita. Beberapa rekan yang berlangganan Blackberry bahkan melihat sendiri di list emailnya, email hilang 1 demi 1 seperti di manual delete, padahal mereka tidak melakukan hal tersebut. Penyebab yang paling mungkin adalah memory internal Blackberry yang mengecil, sehingga perangkat Blackberry secara otomatis men-delete email/sms yang ada untuk menaikkan besarnya memory internal. Solusi sementara saat ini, selalu lakukan update Operating System perangkat Blackberry anda dengan versi OS terbaru, semakin terkini maka akan semakin stabil. Install juga software untuk memanage memory (auto-free tanpa mendelete email/sms). Lalu, pastikan email/sms penting di backup atau forward ke penampung arsip anda.

Kelemahan lain adalah software pendukung Blackberry yang sangat sedikit dan semuanya harus berbayar (jarang banget ada freeware). Bandingkan dengan iPhone dari Apple yang masih menyediakan software freeware. Kelebihan ini namun juga sekaligus kekurangan Blackberry adalah software yang kita gunakan harus melalui otorisasi RIM (Blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan Blackberry), sehingga software Blackberry hampir tidak mungkin dibajak. So, buat yang akan menggunakan Blackberry siapin dana lebih dan credit card untuk membeli software Blackberry yang anda butuhkan tentunya.

Operator mana yang harus saya pilih? Apa bedanya?

Saat ini, layanan Blackberry baru tersedia oleh operator GSM (belum ada operator CDMA di Indonesia yang menyediakannya), yaitu Telkomsel, Indosat dan XL.

  1. Telkomsel, mereka menawarkan paket 20Mb/bulan dengan biaya Rp 150.000,00 dengan kelebihan diatas 20Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.
  2. Indosat, mereka menawarkan paket 100Mb/bulan dengan biaya Rp 200.000,00 dengan kelebihan diatas 100Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.
  3. XL, mereka menawarkan paket 50Mb/bulan dengan biaya Rp 199.999,00 dengan kelebihan diatas 50Mb (untuk koneksi Blackberry sebagai modem) akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

* data tahun 2006

XL adalah satu-satunya operator yang menyediakan bandwidth unlimited untuk koneksi internet/email via jalur RIM Blackberry, sementara Indosat dan Telkomsel menyediakan koneksi internet/email via jalur RIM Blakcberry sama dengan besaran paket yang diberikan (20 Mb dan 100Mb)

BIS atau BES, bedanya apa?

BIS, lebih ditujukan untuk pengguna akhir (end user) personal, sedangkan BES lebih ditujukan untuk pengguna corporate, terutama yang ingin email dengan setting server pribadi mereka, atau bahkan memberikan policy terhadap email apa yang bisa dikirimkan dan diterima.

Jadi, kalau anda hanya ingin menggunakan Blackberry untuk tujuan pribadi, go ahead with BIS, tetapi kalau anda ingin bersama-sama perusahaan anda menggunakan Blackberry, dengan pertimbangan kelebihannya, silakan ngobrol dengan sales BES-nya.

Kalau mau mendaftarkan service Blackberry, apa saja yang harus disiapkan?

Untuk berlangganan Blackberry, anda harus berlangganan service Blackberry dan menggunakan kartu PASCA bayar, sehingga, jika anda sudah memiliki nomor PASCA bayar, tinggal menggaktifkan layanan Blackberry-nya. Sementara, jika anda belum memiliki nomor PASCA, maka terlebih dahulu daftarkan nomor anda ke operator. Jangan lupa membawa perangkat Blackberry/ber-Blackberry anda saat mendaftarkan layanan ini, minimal anda mengetahui nomor IMEI dan PIN (PIN semacam nomor unik pada setiap perangkat Blackberry yang juga berfungsi sebagai id untuk menggunakan Blackberry messenger).

Apakah biaya berlangganan Blackberry sudah termasuk biaya SMS dan telepon?

Tidak sayangnya, biaya 150ribu-200ribu itu hanya biaya berlangganan 1 bulan dan HANYA untuk Blackberry. Jika Blackberry anda juga digunakan untuk ber-SMS dan telepon, maka biaya SMS dan telepon tadi akan ditambahkan diluar biaya tetap berlangganan Blackberry (sesuai penggunaan).

Apa bedanya antara Blackberry yang menggunakan RIM Blackberry (genuine) dengan yang hanya mengaplikasikan software Blackberry Connect?

Blackberry Connect atau biasa disingkat BBC sebenarnya adalah juga inisiatif dari RIM untuk memperbesar pasar layanan Blackberry, yang secara mudah dirancang untuk membantu pengguna telepon genggam non-genuine Blackberry untuk juga bisa mnggunakan layanan Blackberry. Dulu, memang orang akan lebih memilih handset diluar RIM karena bentuknya yang UGLY, bongsor dan mahal, hingga tidak bisa dipungkiri orang akan memilih perangkat Pockect PC dan Smartphone seperti Nokia, Sony Ericcson atau Palm. Namun sekarang tidak lagi, sejak peluncuran produk RIM seperti Pearl, Curve dan Huron yang mengusung bentuk yang sensual dan tipis, orang mulai melirik pada produk terbaru RIM, apalagi saat ini produk RIM tersebut sudah dilengkapi dengan GPS dan WIFI.

Jadi hampir tidak ada bedanya antara perangkat genuine Blackberry dengan perangkat ber-Blackberry.

Nah kembali kepada esensinya, jika anda :
– ingin menggunakan layanan Blackberry
– handset sudah support Blackberry Connect
– merupakan orang sibuk dan “sukses” yang membutuhkan 3 email account dengan trafic ratusan/puluhan email per jam
– rela battery handset anda lebih boros dan panas
– rela kadang-kadang harus mereset telepon genggam
– rela performance telepon genggam anda sedikit lebih lambat
– tidak puas dengan PUSH/PULL email bawaan dari telepon genggam yang dimiliki

Silakan menggunakan Blackberry Connect!

Itulah mengapa, di negara dengan kualitas (kecepatan) jaringan wireless yang tinggi, layanan Blackberry ini kurang ‘menjual’.

Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s