Lipur Sugiyanta

My virtual home – https://lipurs.wordpress.com

Bagaimana caranya mengurus SIM yang hilang? (untuk Huneku)

Posted by Lipur Sugiyanta on November 22, 2009

 

Untuk mengurus SIM yang hilang di Wilayah Polda Metro khususnya DKI Jakarta hanya bisa dilakukan di Daan Mogot. Kantor Satpas Wilayah hanya melayani perpanjangan SIM. Perpanjangan untuk SIM yang sudah lewat masa berlaku juga harus dilakukan di Daan Mogot. Namun, untuk wilayah Depok, Tangerang dan Bekasi dapat dilakukan di Satpas masing-masing.

Persyaratan untuk mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi) yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku.
  2. Fotokopi SIM yang lama (hilang), kalau tidak ada fotocopy SIM yang hilang OK aja, toh nanti di bagian Arsip dicariin, yang penting kita tahu kapan SIM dibuat dan dimana, maksudnya agar mempercepat pencarian arsip.
  3. Surat Keterangan Hilang dari Polsek setempat.
  1. (jangan lupa untuk COPY semua KTP dan surat keterangan, bahkan dokumen lain yng dibawa..kenapa musti bawa spare copy-an ?? Karena kalau foto copy di samsat, aduh mahalnya. 1 lembar @500, sedangkan gw copy di luar, 1 lembar @100.. :()

Prosedur untuk mengurus SIM yang hilang adalah sebagai berikut (biaya adalah perkiraan):

  1. Memakai baju rapi & sepatu.
  2. Mengurus Surat Keterangan Kesehatan.

    Hal ini diurus di Bagian Pemeriksaan Kesehatan. Biaya: Rp. 20.000. (di Daan Mogot, untuk pembelian formulir letak loketnya ada di luar gedung utama, dekat tempat parkir motor, sedangkan tempat pemeriksaan kesehatan letak loketnya di sebelah loket formulir kesehatan)

  3. Mengisi Formulir Pendaftaran.

    Hal ini diurus di Loket SIM Hilang. Biaya: Rp. 60.000.

  4. Mengurus AKDP (Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi).

    Hal ini diurus di Loket Asuransi. Kita akan menerima tanda bukti untuk pengambilan kartu AKDP. Biaya: Rp. 15.000. (di Daan Mogot loketnya ada di gedung utama, masuk ke sebelah kiri)

  5. Mendaftarkan diri di Loket Pendaftaran.

    Semua persyaratan tersebut di atas, Surat Keterangan Kesehatan, dan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi lengkap diserahkan ke Loket Pendaftaran. SIM hilang termasuk dalam kelompok perpanjang SIM, masuk ke dalam Loket, lewat pintu sebelah kiri yang dijaga ama pak Polisi (pintu sebelah kanan untuk SIM baru). Catetan: biasanya suka ada petugas yang ngasih saran ke lantai 2 bagian arsip untuk SIM hilang, dan bayar lagi 45 ribu. Kita serahin : formulir isian tadi, surat laporan kehilangan , copy KTP, copy SIM, dll. Kita akan menerima tanda bukti untuk pengambilan SIM.

  6. Masukin berkas SIM hilang.

    Abis itu, kita turun lagi ke loket 18. Gunakan tanda bukti pengambilan SIM ke loket 18 ini (SIM Hilang). Sebelum ke loket 18 kita (pemohon SIM) harus ke mesin nomor antrian seperti ATM (SIM Hilang, SIM Perpanjang, etc) yang di jaga Polisi. Pemohon SIM beritahu ke Polisi mau ke mana tujuan antriannya, nanti Polisi tsb yg akan menyentuh layar mesin tsb. Akan keluar nomor antrian. Tunggu antrian di dekat loket yang di tuju. Dengarkan nomor antrian kita dipanggil. Masukin berkas, bila tidak ada masalah dengan berkas yang diserahkan, kita akan dipanggil untuk pengambilan Foto, Sidik Jari, dan konfirmasi data pribadi yang tercantum di Formulir Pendaftaran. Biaya: Rp. 50.000. Foto dilakukan di loket 23-26.

  7. Pengambilan SIM dan Kartu AKDP.

    Gunakan tanda bukti pengambilan kartu AKDP. Loket yg dituju untuk ini adalah loket 30. Biasanya ada biaya lagi Rp. 5.000.

Formulir dan pembayaran dilakukan melalui di BII/BRI (di dalam kantor Satpas Daan Mogot).

Total biaya pengurusan SIM hilang (dalam ribu Rupiah): 20 + 60 + 15 + 45 + 50 + 5= 195

Tips dalam pengurusan SIM yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Bawa alat tulis (pulpen, pensil 2 B & penghapus).

    Jangan sampai kita kebingungan mencari alat tulis untuk mengisi Formulir Pendaftaran atau dokumen lainnya.

  2. Hindari calo.

    Calo (baik dari kalangan petugas atau umum) bisa dihindari. Calo dari kalangan umum mudah dihindari. Yang sulit dihindari adalah calo dari kalangan petugas, terutama yang bertugas mengurus dokumen. Cara menghindari calo seperti ini adalah dengan tidak mengaku memiliki uang lebih. Kita hanya punya cukup uang untuk mengurus sesuai prosedur.

  3. Cari informasi sebelum mengurus.

    Akan lebih baik kalau kita bisa mencari tahu informasi prosedur pengurusan SIM hilang yang berlaku di tempat kita mengurus SIM tersebut. Penjelasan di atas (persyaratan, prosedur, biaya) bisa jadi bersifat lokal, yaitu tidak berlaku umum di setiap tempat pengurusan SIM. Hal ini akan membantu kita menghindari calo.

  4. Datang sepagi mungkin di hari kerja selain Jumat.

    Pengurusan SIM hilang dapat diselesaikan dalam satu hari. Semakin pagi kita hadir di tempat pengurusan SIM, semakin cepat kita pulang membawa SIM yang sudah jadi. Saya menyarankan datang di hari kerja untuk menghindari kerumunan pengurus SIM; kecuali hari Jumat. Shalat Jumat bisa jadi alasan melambatnya proses pengurusan SIM.

  5. Sama dengan pengurusan perpanjangan SIM.

    Prosedur dan biaya pengurusan SIM hilang sama dengan prosedur dan biaya pengurusan perpanjangan SIM.

The moral of the story:

  1. Selalu bikin foto kopi SIM maupun KTP untuk jaga-jaga kalo ilang.
  2. Jangan lupa bikin surat kehilangan ke kantor polisi terdekat.
  3. Urus sendiri, gak usah pake calo. Gak pake lama. Gak pake ribet.
  4. Usahakan jangan sampe kehilangan dompet kayak huneku ini…. (ribet… hehe)

 

Semoga bermanfaat!

8 Responses to “Bagaimana caranya mengurus SIM yang hilang? (untuk Huneku)”

  1. cupee said

    thanks alot ya for di info, lengkap dan jelas..moga2 kita g keilangan dompet lg..ribetssss…:-)

  2. cupee said

    thanks ya mas, sangat bermanfaat infonya..smoga g keilangan dompet lg yaaa….dompetku jg br ilang nich

  3. Agus said

    Tks byk buat info nya.
    Trnyata berbagi informsi tnpa kita sadari suatu saat psti akan brmnfaat utk org lain. Cotohnya utk sy: kmrn2 sy tdk peduli info kyk gni smpai sy mngalami sndiri kejadian kehilangan dompet beserta isi2 nya. Info sprti ini sgt2 bermanfaat.
    Keep share info.. :-)

  4. bima said

    wah mantabs dah info’a

    oh ya pgen tanya, klo buat SIM yang kehilangan , apa masa berlaku sim’a akan secara otomatis bertambah
    contoh sim w yang ilang kan aktif sampe thun 2012
    nah klo w ngurus sim w di tahun ini, apakah masa aktif’a bertambah??

    thkss..

  5. abenk aza said

    Sial bnget gw bro.
    Dompet ilang bkin hidup ribet.
    Tpi msalah urus sim ilang itu sma aj buat bru dung kurang lbihnya.
    Aduh mesti hati hati lagi nhe gw.

  6. arum said

    apakah prosedur pengurusan kehilangan simnya berbeda di daerah yang berbeda. terima kasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: