Night in Rodanthe

Night in Rodanthe,film drama romantis dengan setting di pinggir laut Caroline Utara. Bercerita tentang seseorang yang mencari pasangan sejati. Dari segi cerita, film ini tidak terlalu berlebih, namun akting dua pasangan Richard Gere dan Diane Lane sangat pas. Mereka memerankan dua insan dengan cerita romantis yang menyentuh. Saya sendiri sampai terbawa emosi, apalagi pas adegan pertama kali mereka kissing di tengah badai. Juga saat Diane Lane hancur mendengar kepergian Richard Gere untuk selamanya. Impian yang sudah diambang pintu, seketika juga musnah. Sedih banget . . .

NightinRodanthe

Cerita:

Adrienne Willis (Diane Lane), seorang wanita dengan kehidupan rumah tangga yang diambang kehancuran, memutuskan untuk mengasingkan diri di sebuah kota kecil bernama Rodanthe, Carolina Utara, disebuah pengunapan milik sahabatnya, setelah merasa bahwa rumah tangganya gagal total. Ia kemudian menerima tawaran salah seorang temannya untuk merawat penginapan kecil miliknya di sana.

Adrienne berharap dapat menemukan ketenangan jiwa agar bisa memutuskan apa yang harus dilakukannya terhadap pernikahan yang telah ia jalani bertahun-tahun. Adrienne merasa tak mampu lagi menghadapi suami dan putrinya yang seolah-olah selalu berada di ‘sisi yang lain’.

Tak lama kemudian, seorang pria bernama Dr. Paul Flanner (Richard Gere) datang untuk bermalam di penginapan yang dijaga Adrienne.  Flanner tidaklah sedang menyendiri di akhir pekan melainkan dalam perjalanan untuk berbaikan dan menemui putranya yang telah lama meninggalkannya.

Setiba Dr. Paul Flanner di Rodhante, badai besar terjadi. Mereka terjebak di tengah badai yang tiba-tiba datang, keduanya lantas menemukan apa yang selama ini mereka idamkan. Kehidupan asmara yang tak akan pernah mereka lupakan seumur hidup mereka. Dalam badai, keduanya saling jatuh cinta, sebuah kehidupan percintaan yang mengubah hidup mereka selamanya.

Film ini sebenarnya cukup menarik untuk sebuah film romantis. Suasana romantis yang dibangun dengan cara ‘mengisolasi’ kedua tokoh utama ini dari dunia luar memang berhasil. Apa lagi dengan kualitas akting dari aktor dan aktris papan atas seperti Diane Lane dan Richard Gere. Ini masih ditambah dengan ‘pengalaman’ mereka berdua sebagai pasangan asmara dalam dua film sebelumnya, COTTON CLUB dan UNFAITHFUL.

Di samping suguhan kisah asmara yang romantis, film hasil arahan sutradara George C. Wolfe ini juga menawarkan pemandangan alam yang memanjakan mata.  Nights_in_Rodanthe_houseHamparan pantai luas yang sunyi menambah kesan romantis yang memang ingin ditonjolkan sang sutradara. Foto disamping kanan adalah penginapan yang digunakan sebagai lokasi film ini. Lokasinya di Rodanthe, North Carolina.

Namun ada beberapa hal yang kadang terlupakan saat sang sutradara sudah mulai fokus ke satu hal. Dalam film ini yang tertinggal adalah logika. Misalnya saja soal badai yang tak pernah disebutkan namanya, atau bagaimana badai yang kuat itu tak mampu merobohkan penginapan kecil yang sekilas terlihat tak begitu kokoh. Keputusan kedua tokoh ini untuk tetap bertahan di kota kecil Rodanthe meski sudah ada peringatan bahwa badai akan datang juga terasa sedikit dipaksakan.

Namun bila Anda termasuk orang yang gampang terhanyut suasana romantis yang memang jadi suguhan utama film ini, Anda pasti tak akan terlalu memperhatikan penyimpangan dari logika tadi. Terlepas dari logis atau tidak, film berdurasi kurang dari 100 menit ini memang layak ditonton (rekomendasi).

Setidaknya ada 2 pesan moral yang bisa ditangkap disini :

  1. Meminta maaf terkadang perlu dilakukan (tidak perduli apakah kesalahan yang telah kita perbuat itu sengaja atau tidak). Tapi buat sebagian orang, meminta maaf sama halnya dengan mengesampingkan ego. Itu yang tidak semua orang bisa lakukan.
  2. Terkadang kita ada saatnya menyerah kepada takdir. Manusia boleh berencana, namun Allah-lah yang menentukan.

Komentar:

Gak bakal nyesel nonton filmnya sampe selesai, . . . harap siap-siap tisu, bakal banjir air mata . . .

Pemain :

Richard Gere
Diane Lane
Scott Gleen
Christopher Meloni

Sutradara :

George C. Wolfe

Penulis :

Ann Peacock
John Romano

 

Berikut adalah soundtract film tersebut. Klik link berikut untuk download. Night in Rodanthe – soundtrack

Lirik:

I remember those nights down in Rodanthe

Through the storm, through the darkness, I am ending

I never knew I was so lost until you touched me

And I was set free

 

In the hours, the sky was wide and weeping

You broke me from a secret I been keeping.

Before you, there was no love, and no believing

I was only dreaming, until Rodanthe

 

When seagulls go soaring in the sun

I would follow the rugged ponies as they run

When you come like the moon goes on the dark

To your side, in Rodanthe

 

Oh, oh, they run

When I was room, and you were you

Oh, oh, they run

 

When we come in only time that you realize

Mornings come and go here in Rodanthe

And in my heart, you?ll always be here with me

As my journey through this world keeps getting long

I will be strong

 

And though I know I must go on without you

Every moment of my life I?ll think about you

And I still hear those words that you gave me

When you said: down in Rodanthe.

 

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s