Mengenal Windows 7 Beta

Banyak yang sudah tidak sabar menunggu keluarnya Windows 7 (W7), penerus Windows Vista. Tidak seperti biasanya, Microsoft banyak merahasiakan fitur-fitur baru W7, tetapi semua kerahasiaan ini telah berakhir, Microsoft memberikan banyak pengembang bocoran-bocoran tentang W7 di PDC.

windows-7-aurora-green-wallpaper

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP dan juga Microsoft Windows Vista , W7 juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementara versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.

Untuk menjalankan Windows Vista diperlukan hardware minimal dengan memori minimal 512MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun demikian kalau Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Centrino 1.6 Gbyte dengan RAM 512 sudah pasti bisa menjalankan W7. Namun untuk mendapatkan sistem operasi yang benar-benar canggih disarankan menggunakan RAM di atas 1 Gbyte.

Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar, dalam hal ini W7 memerlukan minimal 10 Gbyte. Sebenarnya untuk Windows sendiri cukup dengan space 6-7 Gbyte, tetapi apabila ada penambahan software jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.

Kartu grafik mendapat perhatian khusus, karena untuk menginstalasi W7 sebaiknya meng-gunakan kartu grafik minimal 64 MB dan disarankan yang lebih tinggi agar menghasilkan kualitas tampilan yang memuaskan. Begitu juga dengan resolusi monitor juga harus diperhatikan. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kartu grafik yang digunakan.

Hardware lain yang diperlukan untuk memasang Microsoft Windows 7 adalah DVD-ROM Drive. Karena Windows 7 tersimpan dalam DVD-ROM.

Kapan ya mulai dirilis resmi?

Microsoft Windows 7 sudah pasti akan diluncurkan tahun 2010 atau bisa saja akhir tahun 2009 ini. W7 tidak akan memiliki perubahan drastis dari segi arsitektur perangkat lunak seperti Vista dari XP. Microsoft sendiri sudah berjanji bahwa pengguna yang meakukan upgrade dari Vista tidak akan menemui masalah kompatibilitas. Karena W7 tidak banyak berubah di belakang layar, Microsoft dapat memfokuskan pengembangan pada pengalaman pemakaian OS itu sendiri dan bukan pada berbagai aspek teknis lain seperti keamanan dan stabilitas. Walaupun relatif masih dekat dengan Windows Vista, tetapi di W7 semua kemampuan yang ada di Windows Vista sudah disempurnakan, juga dengan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Microsoft W7 bukan merupakan suatu revolusi tetapi tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.

Ada satu hal yang cukup menarik dari W7 ini antara lain "Process Reflection". Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yang disebabkan oleh proses diagnostik. Sebagai contoh, apabila terjadi sebuah proses yang kemudian mengalami kegagalan, maka W7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam "kloning". Proses yang gagal akan diagnosa dan disaat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) dapat terus berjalan sehingga pemakai akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika W7 menganalisa kondisi kegagalan proses. Itu merupakan salah satu fitur andalan dari W7, dan tentu saja masih banyak fitur lain.

Seperti halnya Windows Vista, sistem operasi ini juga memiliki beberapa fitur spesifik terkait design grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface yang disebut dengan Windows Aero juga tetap hadir dengan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Microsoft juga menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip yang semakin sempurna.

Kalau Anda sudah memanfaatkan kecanggihan Windows Vista, W7 juga tetap mendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption yang sudah semakin sempurna. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Di bawah ini adalah beberapa dari fitur-fitur baru W7 yang sudah terlihat di demonstrasi PDC Microsoft. PDC adalah Professional Developers Conference sebuah konferensi untuk para developer. Nah, pada even tersebut, windows 7 dipamerkan dan di test kemampauannya.

  • Taskbar

image

  • Jump list

 image

  • Device Stage

 image

  • Libraries

image

  • Theme

image

  • Paint

image

  • Fitur Layar sentuh. W7 adalah versi Windows pertama yang mendukung multi-touch yang memungkinkan Anda mengendalikan OS ini dengan kedua tangan. Masih banyak yang ragu apakah multi-touch akan merevolusi dunia PC sebagaimana ia merevolusi dunia ponsel. Saat ini hampir tidak ada PC yang beredar di pasar yang mendukung fitur layar sentuh selain TouchSmart dari HP dan Latitude XT dari Dell.

 

*Dari berbagai sumber

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s