Hanabi Kurume 2009

. . . lelah!! Tapi sungguh indah menyaksikan salah satu event fireworks terbesar di Jepang ini.

Ehm..untuk kisah lengkapnya mungkin lain waktu akan saya tulis disini. Sementara ini dokumentasi dulu berupa foto dan video.

 

OK, hari ini akhirnya saya sempatkan untuk melengkapi posting WordPress ini.DSC_0021

Chikugogawa Onsen Fireworks (Hanabi), adalah even tahunan kembang api terbesar yang ada di pulau Kyūshū, sebuah pulau di Jepang sebelah selatan. Even ini telah ada sejak tahun 1650 dan selalu diselenggarakan dilembah sungai Chikugo, diantara dua muara sungai Chikugo, didaerah Kurume.

Pada waktu kami sampai di lokasi Hanabi, keadaan sudah sore (sekitar jam 19.30). Sudah ramai orang berkumpul. Nice view untuk menjadi koleksi perjalanan di Kurume. Lihat foto disebelah kanan! Di lokasi inilah kembang api akan diselenggarakan.

 

Sungai Chikugo (筑後川, Chikugo-gawa) adalah sebuah sungai besar di Kyushu yang melalui beberapa ken, seperti Kumamoto, Ōita, Fukuoka dan Saga. Dengan panjang mencapai 143 kilometer, sungai ini menjadi sungai terpanjang di pulau Kyushu. Sungai ini dimulai dari Mount Aso, dan bermuara di laut Ariake Sea. Sebutan lain untuk sungai ini adalah “Chikushijirō”.

Ada salah satu contoh bagus dari pengelolaan sungai di Kyushu ini. Ternyata sungai Chikugo ditetapkan sebagai salah satu “Water Resources Development River System” untuk pulau Kyushu. Ini artinya, kementrian Jepang pada bagian Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism bertanggung jawab penuh untuk menjaga dan memberdayakan sungai Chikugo ini. Untuk diketahui, di sepanjang sungai ini terdapat 20 pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan daerah Kurume dan Fukuoka (keduanya sebagai kota perdagangan dan industri). Juga ada 400 km² areal persawahan yang mampu diairi dari sungai ini. Negara Jepang menyadari benar arti sungai bagi kelangsungan dan kelayakan kehidupan mereka. Ini contoh penting bagi Indonesia kita bukan?

Lho . . . koq jadi cerita sungai! Trus mana cerita Hanabinya . . .!!? OK, aku sambung lain kali .., masih panjang ceritanya! Tunggu ya . . .

Enjoy!

 

    

Video berikut akan melengkapi pembaca sekalian untuk ikut menyaksikan pengalaman Hanabi di Kurume ini.

 

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s