Operet Anak Hansel dan Gretel di Saga, 26 Juli 2009

hanselandgretel Pada tanggal 26 Juli 2009, Minggu, saya dan keluarga pak Herman diajak pak Mustaffa melihat pementasan opera anak Hansel dan Gretel. Saya tidak begitu tahu ceritanya, maklum dulu waktu masih anak-anak yang beginian ini jauh bisa terraih. OK, walaupun malam sebelumnya hujan tiada henti mengguyur Saga, dan masih berlanjut hingga pada saat akan berangkat, kami tetap putuskan jam 13.00 berangkat. Pertunjukannya sendiri dimulai jam 14.00, jadi masih cukup waktu.

Surprise! Selama diperjalanan, saya baru tahu bahwa di Saga ternyata ada banjir juga, dibanyak tempat lagi. Arah ke kencho banjir, disekitar parit yang mengelilingi castle juga banjir. Bahkan diseputar university juga air menggenang, .. . ndak beda jauh dengan Jakarta. Banyak sungai kecil/selokan yang airnya meluap. Mungkin jika malam ini hujan masih terus turun, akan ada banyak lagi genangan air di Saga shi. Ini baru saya tahu, karena dalam pikiran saya, dengan teraturnya drainase dan saluran air yang terawat, kecil kemungkinan di Saga akan ada banjir (kecil) seperti ini.

Well, jarak dari apato ke tempat pertunjukan tidak berapa jauh. Namun, kami terpaksa putar-putar dulu karena lokasi yang ditunjukkan Mustaffa ada kekeliruan. Beberapa ruas jalan macet karena ada genangan sehingga mobil berjalan pelan. Kami terpaksa bertanya-tanya kepada Nihon-jin yang ditemui. Untunglah, ada Nihon-jin yang berbaik hati menunjukkan lokasi pertunjukkan. Arigato gizaimasu…bahkan kami tidak tahu namanya! (maklum Nihongo masih a-e-o!)

DSC_0019Gedung tempat bermain opera ada diseberang Saga Temple. Diseputar gedung air menggenang kurang lebih 40 cm. Terpaksa deh..lepas sepatu dan menerjang banjir berjalan kaki. Kami masih beruntung, pertunjukan baru dimulai saat tiba disana. Ternyata, cukup banyak juga lho yang melihat opera ini. Pertunjukan dibagi dalam 2 babak. Pada akhir babak pertama, ada jeda 20 menit untuk memberi kesempatan penonton/anak-anak beristirahat dan ke kamar kecil. Total lama pertunjukan sekitar 2 jam.

Selama pertunjukan, kami tidak begitu paham ceritanya karena menggunakan Nihongo. Meskipun demikian, beberapa adegan dapat mudah dimengerti maksudnya karena ada beberapa Nihongo yang sudah dikenal dan gerak-gerik pemain di’ekspresikan’ dengan sangat jelas (maklum untuk dipahami anak-anak).

Tulisan dibawah ini menjelaskan cerita dari opera tersebut (dari website http://www.dongengkakrico.com/index.php?view=article&catid=37:kumpulan-kisahcerita-dongeng&id=113:hansel-dan-gretel&option=com_content&Itemid=86).

Tidak lupa dalam setiap kesempatan, kamera selalu dibawa untuk menyimpan setiap momen. Hasil jepretan kamera ditunjukkan pada album dibawah (silakan klik untuk melihatnya). Sementara, hasil foto selama pertunjukan ditunjukkan apa adanya terlebih dahulu, tanpa petunjuk keterangan. Insya Allah pada kesempatan lain, masing-masing foto akan dilengkapi dengan keterangan yang menjelaskan.

Foto dikelompokkan dalam 3 album, yaitu foto babak pertama, foto babak kedua, dan foto kami semua.

Tidak lupa, saya sajikan cuplikan bagian akhir operet ini dalam bentuk movie. Enjoy!

Opera Hansel dan Gretel babak pertama.

 

 

 

 

Opera Hansel dan Gretel babak kedua

Foto selama perjalanan

Cuplikan video pertunjukan

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s