Acara Natsu Matsuri 2009

Matsuri" adalah kata benda, berasal dari kata kerja, "matsu" yang berarti "menunggu" atau "mengajak" atau yang lebih luas berarti "harus tunduk". Menjelang musim panas, terdapat event tahunan yang berlangsung di Jepang. Tak terkecuali pada tahun 2009 ini. Event tahunan tersebut bernama Natsu Matsuri, atau festival musim panas. Festival ini biasanya diselenggarakan secara bertahap (bergantian) di kota-kota seluruh Jepang. Walaupun setiap kota memiliki ciri khasnya (atau festival unik) tersendiri, namun simbol dari panas dalam budaya Jepang atau “hanabi” dirayakan di seluruh Jepang dalam bentuk festival kembang api (Hanabi).

Berikut ini adalah daftar Festival Musim Panas 2009 di Saga ken, yang diambilkan dari berbagai sumber.

No

Tanggal

Event

Tempat

1

19 Juli 2009 Festival Kembang Api di Karatsu Karatsu

2

1-2 Agustus 2009

Yosokai matsuri (Pawai jalan kaki)

?

3

1-2 Agustus 2009

Festival Hanabi

Saga ken office (kencho) pada tgl 1, 15.00-20.30
dekat Shirayama pada tgl 2, 13.00-18.30

4

1-2 Agustus 2009

Bazar

Shirayama

5

5 Agustus 2009

Festival  Hanabi

Kurume

6

8 Agustus 2009

Himawari Matsuri ?

Kashima

Pada malam tanggal 19 Juli, saya bersama beberapa teman Saga University mengunjungi Karatsu untuk melihat Festival Kembang Api. Ini untuk pertama kalinya loh kami melihat Hanabi di Karatsu. Kami berangkat dari Saga shi jam 13.30 dan setelah mampir ke beberapa tempat (apato teman yang lain, supa, dan pom bensin), kami mulai perjalanan ke Karatsu. Ditengah perjalanan, kami beristirahat sejenak untuk mengambil foto dan melepas lelah. Setelah sekitar 2 jam perjalanan, akhirnya jam 15.30 tibalah kami di Karatsu. Selain melihat Festival Kembang Api (Hanabi), kami juga berencana mengadakan acara bakar ikan dan ayam untuk makan malam. Toh Hanabi baru akan dimulai pada pukul 20.00, jadi masih banyak waktu untuk menyiapkan makan malam sebelum Hanabi dimulai. Jadi melihat Hanabi sambil makan malam … ehmmm sedap kedengarannya.

Kanda-san

Beruntung di Karatsu, kami mempunyai kenalan orang Jepang yang sangat baik. Namanya Bapak Kanda atau Kanda-san (kami biasa memanggilnya dengan sebutan ini). Home base kami selama di Karatsu adalah dirumah beliau. Setelah persiapan selesai, diantaranya membersihkan tempat bakar ayam/ikan, menyiapkan arang, tempat pembakaran, serta memotong ayam dan ikan, sejenak kami pergi melihat pantai dan kapal terlebih dahulu. Jam 16.00, kami pergi ke dermaga Karatsu. Sebenarnya pada siang harinya, terdapat Parade Kapal Perang Kerajaan Jepang di dermaga ini, tapi sayang kami terlambat. Mungkin lain kali kudu berangkat lebih awal ya..! Setelah muter-muter di dermaga, melihat kapal-kapal, termasuk kapal yang dimiliki Kanda-san, juga potret sana sini, satu jam kemudian, kami kembali ke rumah Kanda-san dan mulai menyiapkan makan malam.

Akhirnya tibalah, festival Kembang Api dimulai. Tepat jam 20.00, dentuman kembang api pertama meluncur di langit malam Karatsu. Kami semua sudah kenyang dengan makan malam sajian ikan bakar dan ayam bakar bikinan sendiri. Jadilah, menikmati kembang api dengan sempurna. Hanabi di Karatsu sungguh indah dan hidup. Sedikit lebih semarak jika dibandingkan dengan Festival Kembang Api di Ancol atau Monas. Disini, kembang apinya lebih beragam dan lebih banyak. Hampir 1 jam, berbagai macam jenis dan warna kembang api bergantian mewarnai langit malam di Karatsu. Walaupun selama berlangsungnya Hanabi hujan rintik turun, namun kemeriahan dan antusias warga Karatsu dan sekitarnya tidak banyak terganggu.

Berikut adalah beberapa foto kembang api pada perjalanan kami ke Karatsu. Jika ada kesempatan berikutnya, foto-foto pada festival musim panas tahun ini juga akan ditampilkan. Tunggu saja tanggal postingnya.

Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s