Klaten, kota kelahiranku …

Tiga puluh tahun yang lalu, Bapak-ku memberi nama Sugi dikota kelahiranku, Klaten, sebuah kota yang terletak disebelah timur propinsi DI Yogyakarta, sekitar 30 km. Aku dilahirkan persisnya di Desa Birit, 7 kilometer dari rumah Bapak, karena pada masa itu hanya di desa itu yang memiliki bidan dengan ruang perawatan memadai. Setelah dewasa (di-sunat), namaku diganti dengan Lipur Sugiyanta. Ada kisahnya, kata Bapak, dengan nama itu….tapi, cukup panjang kalau diceritakan disini. Ada acara kenduri dan selamatan pada saat merubah namaku. Sampai sekarang, tetangga dan keluarga-ku sendiri masih enak memanggil Aku dengan nama kecilku, Sugi.

Kabupaten Klaten dikenal sebagai kota penghasil padi, tak aneh jika Anda melewati atau sengaja berkunjung ke kota Klaten, maka Anda akan menjumpai hamparan luas tanaman padi yang siap dipanen. Mungkin Anda pernah mendengar atau merasakan beras Rodjolele? Rodjolele dari Delanggu (salah satu kecamatan di Kabupataen Klaten) adalah jenis padi yang paling pulen dan dicari banyak orang. Jenis padi ini hanya tumbuh baik dikawasan ini (kecamatan Delanggu).
Selain padi, ada juga yang menjadi ciri khas kota Klaten yakni “Ayam Bakar“. Daerah Kecamatan Klaten Tengah menjadi pilihan yang paling mudah mencari Ayam Bakar khas Klaten. Ayam bakar ini terkenal karena rasanya yang gurih dengan rasa manis pedas-nya.

Jalan Jogja-Solo, kabupaten Klaten

Masih banyak lagi yang menjadi makanan khas dari Klaten. Jika Anda bertemu dengan orang Klaten, hampir sebagian besar mereka bangga dengan beberapa merk makanan khas… seperti: Jenang Ayu, Kripik Tempe, Belut Goreng “Wedi”, … dan masih banyak lagi.

Secara geografis, Kabupaten Klaten diapit oleh sederet gunung dan pegunungan. Panorama indah pegunungan disebelah selatan, yaitu Pegunungan Kidul, dan obyek wisata Deles Indah disebelah utara [hutan wisata dilereng Gunung Merapi], hingga museum Gula [satu-satunya Museuym Gula di Asia Tenggara] terdapat di kota ini.

Klaten…. sebuah kota yang penuh dengan ciri khas. Saya bangga menjadi salah satu generasi yang lahir di kota ini!

I miss Klaten….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s