Lipur Sugiyanta

My virtual home – http://lipurs.wordpress.com

Mendalami Nikon D90 – terjemahan bebas: seri 00. Pengetahuan Dasar

Posted by Lipur Sugiyanta on July 28, 2009

Manual Nikon D90 akan membuat Anda menjadi seorang ahli dalam menggunakan the Nikon D90, tapi “hanya” manual ini saja tidak akan menjadikan Anda secara otomatis mumpuni dalam mendapatkan foto/gambar yang bagus.

Untuk mendapatkan foto-foto yang bagus, masih diperlukan pemahaman untuk mendapatkan tempat yang tepat, waktu yang tepat, dan posisi kamera dengan arah yang tepat, yang dalam banyak hal pengetahuan ini jauh lebih sulit daripada sekedar menguasai penggunaan kamera Nikon D90.

nikon-d90-rumor Nikon D90 sudah menyediakan setting default (Anda tidak perlu melakukan pekerjaan lain lagi), namun Anda masih memerlukan sebuah mata untuk "melihat" obyek foto/obyek gambar sebelum mengambilnya. Jadi hal penting pertama menggunakan kamera Nikon D90 (dan kamera merk lainnya) adalah kemampuan mata yang bagus untuk melihat obyek gambar.

Setelah Anda mendapatkan obyek foto Anda dalam frame finder, ada 1 (satu) lagi pengaturan penting yang harus diingat, yang jika diterapkan dengan benar, akan memberikan hasil foto yang luar biasa. Kebanyakan orang melewatkan hal ini, dan selamanya kamera akan memberikan hasil foto yang sama yang tidak maksimal seberapa pun Anda berganti menggunakan kamera baru/merk lain. 1 hal lagi itu adalah setting “dasar” yang tepat.

Apa saja setting “dasar” yang tepat itu?

  1. Ambil gambar. Jika perlu, lihatlah obyek gambar melalui LCD. OK? Selesai!, jika masih belum cukup:
  2. Terlalu terang atau gelap? Atur Exposure Compensation dan bidik kamera lagi. OK? Selesai!, jika masih belum cukup:
  3. Warna tidak tepat? Atur White Balance dan coba lagi. OK? Selesai!, jika masih belum cukup:
  4. Kontras, saturation atau setting obyek foto/gambar tidak tepat? Atur Picture Controls. OK? Selesai!, jika masih belum cukup, maka dapat dipastikan Anda berada pada tempat yang tidak tepat, pada waktu yang tidak tepat, atau posisi kamera berada pada arah yang salah. It’s never your camera’s fault, but only human to blame it.

Membuat foto yang bagus melibatkan pengetahuan tentang apa saja yang membuat hasil foto menjadi bagus, mengetahui cara mendapatkan exposure yang benar, mengetahui pengaturan D90 yang benar, mengetahui cara mendapatkan komposisi warna, lokasi, waktu, kesabaran dan masih banyak lagi.

Jadi, hal dasar penting ada 2 yang wajib diingat, yaitu mata yang bagus dan setting dasar yang tepat.

 

Salam,

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: